Chipset


Apakah Chipset Itu?

Chipset adalah kumpulan microchip yang dirancang untuk bekerja sama untuk melakukan fungsi tertentu. Chipset dapat ditemukan di komputer, smartphone, peralatan jaringan nirkabel, dan jenis lain dari perangkat elektronik. Sebuah chipset sering dirancang khusus untuk bekerja dengan komponen tertentu, seperti satu unit processor atau CPU. Chipset melakukan fungsi yang berbeda tergantung pada dam maksud produsen.

Walaupun ada persamaan, tetapi CPU komputer yang dirancang untuk mampu menangani berbagai jenis perhitungan, sementara chipset biasanya dirancang untuk fungsi yang sangat spesifik. Koleksi-koleksi unik dari sirkuit sering bekerja di belakang layar untuk mengelola komponen kompleks yang banyak ditemukan di dalam elektronik modern. Dalam sebuah komputer pribadi (PC) misalnya, chipset yang mengontrol interaksi antara memori, CPU, dan bagian lain dari komputer.

Jumlah microchip dalam sebuah chipset PC saat ini sangat kompleks dan telah berkembang. Sementara chipset awal memiliki sebanyak lima chip, chipset modern sering hanya berisi dua: satu untuk Northbridge yang mengelola memori dan penghubung langsung ke CPU dan Southbridge terhubung ke Northbridge yang menangani komponen lainnya. Beberapa motherboard terbaru telah menggantikan Northbridge/Southbridge dengan microchip tunggal, walaupun chip tunggal masih disebut sebagai sebuah chipset.

Sebuah chipset juga dapat memberikan fungsionalitas khusus untuk beberapa perangkat. Di dalam smartphone, hal itu mungkin memberikan kemampuan Global Positioning System (GPS). Chipset nirkabel di dalam perangkat jaringan Wi-Fi mengontrol data siaran radio ke perangkat Wi-Fi lainnya. Dalam versi audio, Chipset adalah bagian dari kartu suara atau dibangun menjadi sebuah motherboard PC, mengubah sinyal digital menjadi suara analog.

Persyaratan kompleksitas dan unik chip ini membuat desain dan pembuatan menjadi sangat khusus. Perusahaan-perusahaan menjual beberapa rancangan mereka untuk banyak vendor hardware yang berbeda. Ini berarti bahwa persaingan keras dari berbagai produsen mungkin didukung oleh set microchip yang sama. Ini memiliki kelebihan bagi pengguna akhir sebagai driver chipset yang sama kadang-kadang dapat dimanfaatkan di seluruh hardware yang berbeda.

Chipset dapat ditemukan dalam elektronik lainnya juga. Sebuah printer atau scanner mungkin berisi salah satu yang dirancang khusus untuk mengontrol perangkat keras internal. Home theater seperti pemutar Blu-ray Disc berisi chipset yang memungkinkan pemutaran video dan audio. Bahkan produk tampaknya sederhana seperti kabel komputer dan adaptor mungkin saja ada chipset di dalamnya.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: